3 ARTISAN MUDA PENERIMA EMERGING AWARD 2018

3 ARTISAN MUDA PENERIMA EMERGING AWARD 2018

Jakarta, 27 April 2018 [ASEPHI EMERGING AWARD 2018]: Penghargaan Emerging Award diselenggarakan oleh ASEPHI sebagai wujud penghargaan ASEPHI kepada para pelaku kreatif produk kerajinan di seluruh Indonesia. Program Koordinator ASEPHI EMERGING Award, Baby Jurmawati Djuri yang  juga Sekjen ASEPHI menyatakan bahwa pengembangan Penghargaan  Emerging Produk yang sebelumnya berada dalam format INACRAFT Award terbatas hanya untuk peserta pameran INACRAFT, sejak 2018  tidak hanya Anggota ASEPHI ataupun peserta Inacraft yang dapat dinominasikan menjadi calon penerima Emerging Award.  Pemilihan calon Artisan terbuka untuk seluruh pelaku kreatif di seluruh Indonesia dengan masa pemilihan nominator lebih panjang (1 program pemilihan untuk 1 tahun seleksi) yang diseleksi oleh para kurator yang ditunjuk oleh BPP ASEPHI terdiri dari 7 orang kurator yaitu Gusmardi Bustami (Ketua), dengan anggota Tim dari beragam latar belakang disiplin ilmu dan profesi  ; Prof .Rahardi Ramelan, Moch Al Jufri, Syamsul Huda, Umi Noor Wijiati, Dewi Assa’ad dan Liena Mahalli .  Dengan sistem dan ketentuan serta kriteria yang telah ditetapkan ASEPHI dalam rangka memberikan apresiasi dan pembinaan lebih lanjut dimasa depan serta menjadi inspirasi bagi seluruh pelaku kreatif kerajinan di tanah air untuk terus berkreasi dan memanfaatkan melimpahnya material/banan baku alami asli Indonesia serta kekayaan tradisi dan budaya nusantara.

Penghargaan ASEPHI Emerging AWARD lebih diarahkan kepada : (1) Artisan (Pembuat Produk) yang berasal dari pendatang baru terutama kalangan muda dengan (2) Desain yang dinamis (3) Pengembangan produk yang dikerjakan atas dasar ketertarikan / minat dari kalangan muda / pendatang baru untuk bereksplorasi (4) Mencipta produk baru termasuk (5) Pemanfaatan bahan baku yang lebih variatif bahkan penemuan material dan (6) teknik proses temuan baru dan atau (7) memadukan teknik dan tradisi lama namun berhasil menciptakan produk / jenis / variasi dan ragam baru dan atau (8) keberhasilan membuat sebuah produk “baru” tersebut lebih bernilai ekonomis (9) bersifat kekinian / tren atau (10) menjanjikan pengembangan dan produksinya dimasa depan. www.emerging.inacraftaward.com

Setelah melalui proses kurasi, seleksi dan penyampaian ide dan presentasi dari masing-masing Nominator top 6  yang diundang untuk hadir dalam proses penilaian tahap 3 di Jakarta beberapa waktu lalu bersamaan INACRAFT, berikut 3 Artisan yang terpilih sebagai Artisan Muda Penerima Penghargaan ASEPHI Emerging Award 2018 yang berhak mendapat  piala Emerging Award, sertifikat serta uang tunai pembinaan dari ASEPHI sejumlah Rp. 20 Juta (pemenang pertama) dan masing-masing Rp. 5 jt untuk nominasi 2 dan 3 serta penghargaan lainnya termasuk asuransi senilai Rp. 20 jt dari BNI Life.

  1. ROSYID AKHMADI
    TTL : 11 Augustus 1979
    Bandung , Jawa Barat[MOHOI DESIGN]
  2. RADEN ASYFA FUADI
    TTL : 15 Mei 1988
    Pekalongan, Jawa Tengah[CRAFT DENIM]
  3. DEASY ESTERINA
    TTL : 7 Desember 1990
    Ambarawa, Jawa Tengah[KRESKROS]