“Baralek Gadang” Insan Kerajinan Siap Digelar!

“Baralek Gadang” Insan Kerajinan Siap Digelar!

Dari Laguna Senayan Jakarta, Senin 18 April 2016, Penyelenggara Pameran INACRAFT, ASEPHI, bersama mitra kerja pelaksana kegiatan tahunan yang paling dinantikan , PT. Mediatama Binakreasi menggelar jumpa press kesiapan “Baralek Gadang” perajin, pengusaha, eksportir, pencinta produk kerajinan dan pembeli dalam dan luar negeri di INACRAFT ke-18 yang menampilkan ranah Minang sebagai ikon tahun 2016. Berikut petikannya:

image

PRESS RELEASE

INACRAFT 2016
Balai Sidang Jakarta Convention Center

INACRAFT (The Biggest and The Most Complete Exhibition of Gifts and Housewares) kembali diselenggarakan untuk ke-18 kalinya, selama lima hari mulai 20 – 24 April 2016 bertempat di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Pameran kerajinan Indonesia terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1999 ini diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi, dan didukung oleh beberapa Kementerian dan BUMN yang terkait dengan pembinaan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Koperasi.

INACRAFT 2016 diikuti oleh lebih dari 1400 peserta perusahaan kerajinan baik produsen maupun eksportir dari 34 provinsi di Indonesia, menempati 1333 stan dengan luas area 25.070 m2, dengan jumlah peserta individu yang meningkat hingga 849 stan, dinas sebanyak 359 stan, BUMN sebanyak 117 stan dan peserta luar negeri sebanyak 8 stan, yang menempati hall Assembly 1 diantaranya adalah negara Singapura, Jepang, Pakistan, Nepal, India dan Syria. Seperti tahun lalu, jumlah pengunjung pameran selama lima hari diperkirakan akan mencapai 200 ribu pengunjung. Para pengunjung INACRAFT tidak hanya berasal dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi saja, banyak pengunjung dari luar pulau Jawa yang datang seperti Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan papua. Terdiri dari berbagai profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha, para agen sampai kolektor. Guna mendukung dan menjaring lebih banyak calon pembeli atau buyer mancanegara dengan mendapat dukungan dari Pokja Diplomasi Ekonomi Kementerian  Luar Negeri  yang menjangkau 100 lebih kantor perwakilan dan KBRI di seluruh dunia didukung  juga melalui pendaftaran media on-line, sekitar lebih dari 700 buyer luar negeri dan misi dagang telah menyatakan akan datang, diantaranya adalah negara Malaysia, Singapura, Timur Tengah, Thailand, Srilanka, Jepang, Rumania, Vietnam, South Africa dan Australia, dengan jumlah prosentase terbanyak dari negara Malaysia, India, Canada, USA dan Timur Tengah. Diperkirakan, jumlah buyer yang akan mengunjungi pameran INACRAFT akan mencapai 1000 orang karena  hingga awal April telah tercatat  buyer dari 50 negara.  Sementara itu, transaksi dagang diharapkan akan meningkat 10 % lebih besar dari tahun lalu yang mencapai 133 milyar untuk penjualan retail dan lebih dari 10 juta USD untuk transaksi kontak dagang.

Dengan tema sentral From Smart Village to Global Market, INACRAFT 2016 dimaksudkan untuk memfasilitasi produk-produk kerajinan Indonesia untuk dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi serta mengangkat derajat produk kerajinan Indonesia yang memiliki nilai jual agar mampu bersaing dengan produk-produk asing sejenis di pasar internasional. INACRAFT 2016 mengangkat kebudayaan Minangkabau menjadi ikon, dengn subtema ”The Splendour of Minangkabau” menampilkan berbagai kemegahan kebudayaan serta kesenian khas Minangkabau yang akan menambah semarak penyelenggaraan INACRAFT 2016. Ikon ini akan terlihat sangat kental dengan menghadirkan nuansa Minangkabau di seluruh area pameran mulai dari main gate, panggung opening ceremony, hanging banner di dalam dan luar area pameran, pertunjukan seni serta stan ikon Sumatera Barat di Main Lobby.
INACRAFT tidak hanya sekedar kegiatan pameran yang mengutamakan segi transaksi jual beli saja, maka dari itu Tahun ini INACRAFT Award kembali diselenggarakan dengan maksud memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas Indonesia, dengan adanya INACRAFT Award, dapat memacu dan mengasah kreativitas perajin untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya. Yang berbeda dari INACRAFT award tahun ini adalah untuk pertama kalinya ASEPHI akan memnafaatkan teknologi digital dalam proses penjurian mulai dari pendaftaran, seleksi hingga vote nilai dari para juri.

Barang-barang kerajinan yang dipamerkan antara lain berbagai produk kerajinan dari tekstil seperti batik, tenunan, bordir, songket, ikat dan beragam assesoris, kerajinan kayu seperti patung, furniture berukir, bingkai lukisan, mainan edukasi untuk anak-anak dan sebagainya; barang-barang perhiasan dari emas, perak dan batu permata; barang kerajinan keramik, pottery dan gerabah; home decoration dan ribuan jenis barang kerajinan lainnya.

Sumbar Icon 2016 di Main Lobby

                            Sumbar Icon 2016 di Main Lobby JCC

INACRAFT tahun ini memiliki fasilitas shuttle bus dari beberapa Mall ke JCC Senayan juga dari Bandara ke JCC Senayan. Adapun Shuttle tersebut diperuntukkan untuk pengunjung INACRAFT secara gratis, demi menunjang keberhasilan dan kepuasan pelanggan. Diantaranya adalah Mall, Margocity, Mall Taman Anggrek dan Sumarecon Mall Bekasi.

Selamat Berpameran dan Semoga Sukses !