CHEKLIE ART

CHEKLIE ART

CHEKLIE ART

Cheklie Art didirikan oleh pemiliknya yaitu Budi Prasetyo, sebagai sebuah home industri yang bergerak dalam bidang produksi kerajinan tangan. Perusahaan yang beralamat di Villa Bogor Indah ini memiliki anggota/tenaga kerja yang berjumah 8 orang. Dalam mempromosikan produknya, perusahaan ini pernah mengikuti pameran di JABEX, PPI, INACRAFT, INDOGREEN ICRA dan Pameran yang diadakan oleh Perum Perhutani dan ataupun yang disponsori oleh KPH Bogor.

Sebelum mendapat pinjaman dari Perhutani KPH Bogor, CV. Cheklie Art memiliki Asset sebesar Rp. 40.000.000,- dengan omzet Rp. 20.000.000,-. Usaha ini memproduksi Nampan, Tatakan Gelas dan Lampu. Di tahun 2004, perusahaan menerima pinjaman dari PUKK?PKBL sebesar Rp. 11.000.000,- yang digunakan untuk pengembangan usaha. Sekarang perusahaan telah berkembang dan telah memiliki asset sebesar Rp. 50.000.000,- dan omzet Rp. 35.000.000,- dengan jenis produksi yang beraneka ragam, dan di tahun 2011 penambahan jenis produksi baru yakni Batik.

Jaringan pemasaran CV. Cheklie Art meliputi Sarinah, Bandara Soekarno Hatta, Batik Keris dan kini sudah merambah keluar negeri diataranya Malaysia dan Singapore. CV. Cheklie Art pun menawarkan produk ke hotel-hotel salah satunya hotel yang sudah memakai produk tersebut adalah Hotel Ussu di daerah puncak.

Untuk menunjang kualitas barang dari produk tersebut Bapak Budi Prasetyo menjalin kerjasama sebagai mitra Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor serta Perum Perhutani KPH Bogor dengan memberikan pelatihan administrasi, kewirausahaan dan bantuan promosi. Program pelatihan yang diberikan kepada setiap karyawan yaitu dimulai dari pelatihan dasar sampai dengan produk jadi, sehingga mereka dapat benar-benar menguasai produk yang dipelajarinya.

Seperti yang terlihat pada gambar, produk ini adalah Nampan dari kayu jati. Agar menghasilkan produk yang bagus, terlebih dahulu kayu dikeringkan. Kemudian di pola sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Sesudah itu didempul dan di amplas, selanjutnya di sending sebanyak 2 (dua) kali, terus di melamik 2 (dua) kali dengan kondisi cuaca yang terang.

Cheklie Art sangat peduli sekali terhadap misi sosial, salah satunya dengan memberdayakan tenaga kerja yang kondisi fisik yang kurang sempurna agar mereka mendapatkan penghasilan dari keterampilan mereka pribadi. Mereka didatangkan dari Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor. Mereka dilatih sesuai dengan kemampuannya, seperti proses pemasangan kaca, proses pemasangan asesoris, proses pembuatan box atau proses packaging.

Sekarang CV. Cheklie Art mengembangkan usaha dibidang kerajinan pakaian, khususnya pakaian batik khas motif Bogor, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan nilai budaya khas batik kota Bogor baik di dalam negeri dan ke mancanegara.