PEMPROV SUMUT SIAP MENJADI IKON INACRAFT 2018

PEMPROV SUMUT SIAP MENJADI IKON INACRAFT 2018

Gubsu H Tengku Erry bersama Ketua BPD ASEPHI Sumut, Hj Fatimah Habibi usai audiensi bersama pengurus ASEPHI Sumut membicarakan rencana Sumut menjadi Ikon Inacraft 2018, di Kantor Gubsu, Senin (15/5), dikutip dari Harian ANALISA , Medan.

Medan, (Analisa). Gubernur Sumatera Utara H.Tengku Erry menyambut baik rencana Provinsi Sumatera Utara menjadi Ikon Inacraft di Jakarta Con­vention Center Jakarta, pada 2018. Ia juga mengharapkan Asosiasi Eksportir Pengusaha Handycraft Indonesia (ASEPHI) Sumut dapat membukukan potensi craft di Sumut sehingga dapat diketahui lebih luas oleh berbagai pihak. Hal tersebut dikemukakan Gubsu saat menerima audiensi Ketua BPD ASEPHI Sumut, Hj Fatimah Habibi beserta Sekretaris Hj Vita Lestari, Ketua Bidang Promosi dan Publikasi Saurma MGP Siahaan, M.Ikom dan Ketua Bidang Perkayuan Syafri Ali di kantor Gubsu, Senin (15/5).
“Kita harus menyiapkan informasi tentang potensi craft Sumut dalam bentuk buku. Selain itu, juga silahkan gunakan ruangan di Gedung Pusat Promosi dan Dagang UKM untuk memamerkan craft-craft Sumut,” sambut Tengku Erry usai mendengar paparan rencana Inacraft 2018 dan rencana rapat persiapan Ikon Inacraf yang akan dilaksa­nakan di Medan, Kamis (18/5) yang dihadiri Ketua Umum ASEPHI, Thamrin Bustami dengan pengurus pusat lainnya serta dari Mediatama.
Dijelaskan Fatimah Habibi, direncanakan Inacraft 2018 akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Pemprovsu akan menam­pilkan aneka craft andalannya serta menam­pilkan budaya khas Sumut pada acara pem­bukaannya yang akan dihadiri Presiden RI beserta undangan dari perwakilan negara lain.
Karena itu, peluang Sumut menjadi Ikon Inacraft tahun depan sepatutnya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai promosi craft dan budaya Sumut. Selain itu sangat penting dukungan dari kabupaten/kota, BUMD dan para sponsor lainnya.
Terkait prestasi pengurus dan anggota ASEPHI Sumut meraih Inacraft Award serta rekor MURI dan beberapa prestasi lainnya, Gubsu mengingatkan agar perkembangan craft di Sumut dapat terus ditingkatkan sehingga kualitasnya semakin meningkat dan agar semakin dikenal di mancanegara. (rel/s

http://harian.analisadaily.com/mobile/kota/news/gubsu-harapkan-potensi-craft-sumut-dibukukan/345719/2017/05/16