“Pattern Making Workshop” Mengawali Program Kegiatan Bidang SDM Tahun 2017

“Pattern Making Workshop” Mengawali Program Kegiatan Bidang SDM Tahun 2017

Dalam rangka upaya untuk meningkatkan pengetahuan para pengusaha di bidang fashion design, BPP dan DPD DKI ASEPHI bekerjasama menyelenggarakan Workshop mengenai “Pattern Making & Production Process” untuk produksi baju dan garment, bertempat di Kantor BPP ASEPHI, Jl. Wijaya I/3A, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2017. Workshop ini mendapat perhatian besar dari para pengusaha yang bergerak di bidang fashion, sehingga workshop serupa akan diadakan lagi tanggal 17 Februari 2017 khusus bagi mereka yang belum mendapat kesempatan ikut serta pada workshop yang pertama.

Workshop ini menjadi pembuka Rangkain Program pelatihan BPP ASEPHI untuk tahun kegiatan 2017. Workshop dimulai dengan “Pengenalan Tekstil dan Design”, dibawakan oleh Ibu Sylvia Waworuntu dari DPD ASEPHI DKI Bidang Training Program Development. Dalam hal ini diperkenalkan jenis-jenis bahan tekstil seperti serat alami dan serat buatan atau sintetis. Dijelaskan pula asal usul serat, macam-macam kain, karakteristik fabrics, serta jenis konstruksi tenun.

Sementera itu, Ibu Yoshita Wanfiyani, Pengajar Proses Produksi pada APPMI dan PPEI, membahas masalah Pola Dasar, Konsep Sizing, Standardisasi Size Indonesia, Pembeda Pola antara Perempuan dan Laki-laki, Aneka Cara Pembuatan Pola, serta Langkah-langkah Mudah Membuat Pola Badan, Lengan serta Leher (Collar). Juga dibahas Pola Dasar untuk pembuatan Celana.

Selanjutnya dibahas masalah Proses Produksi Garment. Disini dibahas masalah Konsep Proses Kerja (untuk diri sendiri, untuk orang lain atau untuk produksi), dilanjutkan dengan Aplikasi dari Konsep Kerja ke Aktual Produksi. Kemudian dimulai Proses Produksi yang disesuaikan dengan Proses dan Fungsi Pekerjaan.

Mengenai Sizing Concept dijelaskan Size Conversion pakaian wanita untuk Korea, Jepang, USA, UK, Internasional, Perancis, Italy, dan China.

Akhirnya dibahas mengenai Perencanaan Produksi Pakaian (Apparel Production Planning), yang dimulai dengan pattern grading/marker, dan seterusnya sampai Quality Management untuk Kontrol Kwalitas.

Untuk informasi lebih detail mengenai materi-materi workshop lainnya dapat menghubungi Sekretariat BPP ASEPHI.