SAMPAH SAYURAN HERCO CRAFT

SAMPAH SAYURAN HERCO CRAFT


Paradigma sampah apalagi sampah organik bagi masyarakat mungkin merupakan sesuatu yang menjijikan, jorok, kotor dan full bakteri sumber penyakit. Disisi lain isu persoalan sampah bukan hanya sebatas pada pemerintah daerah tapi sudah menyangkut isu global yang urgent .

“Ya…sampah organik pasar dan rumah tangga inilah nanti yang akan saya bawa ke INACRAFT 2016 di JCC Senayan menjadi sesuatu bahan baru untuk di jadikan kerajinan. Sampah ini juga bebas dari chimical , bebas kertas berbahan kayu pohon, bebas pollymer, logam atau sesuatu hasil ekplotasi alam dalam proses pembuatan sesuatu bahan baru. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli.”

image

Demikian pendapat pemilik HercoCraft yang dikutip dari akun FB @Herman Purwanto ketika diwawancara oleh Merdeka.com setelah menerima penghargaan kategori khusus atas upayanya menanggapi isu lingkungan dengan berkreasi membuat karya seni kerajinan hasil olahan sampah organik pasar dan rumah tangga yang telah menarik minat para juri Inacraft Award antara lain Ibu Okke Hatta Rajasa bersama 9 juri lainnya sepakat memberikan penghargaan berupa sertifikat motivasi dan inovasi di Inacraft Award 2016.

Herman menjual hasil karyanya mulai dari Rp 75.000 sampai Rp 250.000 dimana selama pameran  Inacraft lalu, baru hari ke empat sudah beromzet 40 juta. Bahkan ketika pameran baru usai, Herco Craft sudah diburu order kreasi dari sebuah hotel di Bali yang ingin memakai jasa upcycling sampah botol-botol bekas minuman tamu hotel yang setiap hari selalu bertambah.

Itulah uniknya anggota ASEPHI satu ini, pribadinya yang nyentrik dan kental jiwa senibya pada awalnya hanya berniat display produk kreasinya serta mengubah paradigma pengunjung pameran terhadap sampah.

image

Saat ini Herco Craft mengikuti berbagai kegiatan promosi luar negeri bersama ASEPHI dan yang terbaru adalah bagaimana botol-botol bekas dan limbah sampah sayuran miliknya akan dipajang di paviliun ASEPHI tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2016 di Suntec Singapore  pada pameran Singapore Gifts Show bersama produk unggulan lainya.

image

Semoga sukses pak Herman Purwanto , visit akun FB @HERCO CRAFT.