Tips Pameran Ala Presiden Jokowi

Tips Pameran Ala Presiden Jokowi

Rabu, 8 April 2015, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Jokowi dan Ketua Umum Dekranas, Menteri Perdagangan dan Menteri Koperasi & UKM secara resmi membuka pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di tanah air, INACRAFT ke-17 tahun 2015 yang diselenggarakan oleh ASEPHI.

JOKOWI BUKA INACRAFT 2015

JOKOWI BUKA INACRAFT 2015

Dalam sambutannya Jokowi membagu pengalamannya bagaimana saat dulu pernah menjadi peaerta pameran bergensi ini beberapa kali di awal-awal penyelenggaraannya. Menyinggung soal kompetensi produk kerajinan Indonesia yang sebenarnya sudah cukup bersaing namun teteap harus diingat tentang desain, inovasi, memainkan trend warna dan kemasan yang selalu diubah (berganti dan bervariasi) agar menjadi trigger kepada pembeli.

Satu tips khusus kepada peserta pameran jika ingin sukses berpameran karena pameran adalah promosi  untuk pemasaran. Agar mampu penetrasi pasar yang sukses harus hire (menggaji) sales khusus yang sesuai bahkan bila perlu bule digaji jika sedang pameran di luarnegeri. Sebagaimana pengalaman beliau ketika menjadi pengusaha yang menjaga sendiri stand pameran namun sepi calon buyers karena Tenaga marketingnya kurang meyakinkan, namun ketika beliau menggunakan jasa “sales” bule maka produknya menjadi ramai pembeli dan mempercepat penetrasi pasar.

Baca juga http://finance.detik.com/read/2015/04/08/110404/2881063/4/mimpi-jokowi-ri-kalahkan-china-jadi-eksportir-kerajinan-nomor-1